Cara Menumbuhkan Minat Baca

Oktober 20, 2017


Cahpati.id -- Lur Sedulur, ada pepatah bijak yang mengatakan Buku adalah Jendela Dunia yang maknanya kurang lebih adalah dengan membaca kita akan tahu lebih banyak tentang berbagai macam hal. Kalau dalam konteks kekinian ya tidak harus buku fisik atau cetak tetapi bisa juga buku digital atau E-Book, intinya membaca.

Kita juga mengenal istilah kutu buku, istilah untuk mereka yang suka membaca buku. Bagi sebagain orang membaca itu sangat menyenangkan dan sebagian berkata sebaliknya. Lalu muncul sebuah pertanyaan tentang membaca ini, bagaimana caranya menumbuhkan Minat Baca Buku? tema ini yang akan redaksi bahas kali ini.

Tetapi sebelum penulis berbagi tips untuk cara menumbuhkan minat baca, ada yang ingin penulis luruskan. Kalau yang dimaksud meningkatkan minat baca adalah banyaknya buku dan seringnya buku yang dibaca maka solusi yang muncul seputar membuat target buku, mengalokasikan waktu membaca dan lain-lain. Tidak sepenuhnya salah tetapi kurang tepat untuk menjawab hal mendasar dari pertanyaan bagaimana cara menubuhkan minat baca. Ada kata yang perlu digaris bawahi yaitu Minat.

Menurut penulis solusi paling mendasar dari pertanyaan di atas adalah, kamu harus menemukan Minat-mu terhadap sesuatu dahulu. Kenapa minat atau ketertarikan atau bahasa kerenya passion? karena dari situ akan tumbuh rasa penasaran dan ingin tahu untuk mengulik, menggali tentang hal yang kamu minati.

Temukan Minatmu 
Contoh, ketika penulis sedang tertarik dan penasaran bagaimana membuat sebuah Blog, dengan sendirinya saya akan mencari tahu informasi tentang cara membuat blog dari Artikel di internet dan buku. Tidak cukup di situ selanjutnya setelah bisa membuat blog ingin tahu lagi bagaimana cara agar bisa menulis artikel yang baik untuk blog, cara agar tulisan banyak dibaca, cara agar blog bisa menghasilkan uang dan lain-lain. 

Dan untuk mencari jawabanya atas pertanyaan-pertanyaan dan keinginantahuan itu secara alami membuat saya jadi membaca buku. Dengan demikian minat baca saya naik yang juga berarti jumlah buku yang saya baca jadi lebih banyak dan lebih sering.

Ketika merasa ingin tahu dan belajar sesuatu yang lain, misal tentang dunia desain grafis maka hal yang sama akan saya lakukan. 

Point penting, kita harus mengubah cara memperlakukan buku, dari sebuah benda menjadi buku adalah sebagai jawaban dari banyak pertanyaan dalam kepala kita. Termasuk perpustakaan dari sebuah tempat membaca buku menjadi tempat untuk mencari tahu, mencari informasi tentang sesuatu.

Maka seharusnya judul di atas diganti, Bagaimana Cara Menemukan Minat? ha ha akan kita bahas dikesempatan berikutnya. Oke lur demikian artikel singkat kali ini tentang buku, minat dan membaca. Sudah menemukan minatmu? dan sudah tahu buku apa saja yang ingin dibaca? share di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat dan salam sego gandhul.

penulis: Nandar
foto      : Google

Artikel Terkait

Previous
Next Post »